Sunday, May 3, 2020

Tips Memilih Kosmetik Halal

Tips dan Trik Memilih Kosmetik yang Halal

1. Cek sertifikasi halal produk

Nah, pointers yang satu ini tentu paling dasar dan paling mudah. Apabila kamu memang mencari produk kosmetik yang halal, kamu dapat langsung memilih logo yang memang sudah memiliki sertifikasi halal saja. Untuk melihat daftar lengkap dan terbaru, bisa langsung mengunjungi laman situs MUI di sini.

Bagaimana jika logo yang ingin digunakan tidak terdapat di daftar MUI atau berasal dari luar negeri? Biasanya, tiap logo sudah memiliki situs resmi atau paling tidak media sosial sendiri. Nah, bisa memastikannya dengan mengontak logo tersebut melalui email atau media sosial.

2. Hindari kandungan yang syubhat

Selain memilih produk tanpa kandungan yang sudah pasti diharamkan, kamu juga bisa beralih ke kosmetik halal dengan menghindari kandungan yang syubhat. Apabila produk yang ingin kamu gunakan belum memiliki sertifikasi halal, kamu bisa mengecek daftar ingredients-nya, nih. Memang sedikit memusingkan, namun lebih baik sedikit repot agar kamu pun tidak become-changed into saat menggunakan produknya, bukan? List-nya bisa kamu lihat di sini, ya.

Three. Pilih logo yang cruelty-loose, no animal checking out, dan vegan

Mayoritas kandungan yang sebaiknya dihindari karena meragukan kehalalannya adalah kandungan yang mengandung unsur hewani. Oleh karenanya, kamu bisa meminimalisir kandungan haram dengan memilih logo yang memiliki label cruelty-loose, no animal testing, dan vegan.Cruelty loose artinya logo tersebut tidak membahayakan atau membunuh hewan untuk bahan atau proses pembuatan kosmetik. Label ini kerap dipahami keliru dengan label no animal trying out yang memiliki arti brandtersebut tidak melakukan uji coba pada binatang.

Sedangkan vegan artinya brandtersebut tidak menggunakan kandungan yang berasal dari hewan. Lebih aman, bukan? Selain itu, kamu pun bisa melirik kosmetik vegetarian, karena walau masih menggunakan kandungan hewani, biasanya kandungan yang digunakan tergolong aman alias tidak meragukan seperti beeswax, madu, atau susu

4. Pelajari components, banyak membaca, dan tanyakan langsung pada emblem

"Kalau alkohol dalam skin care bagaimana?"

"kalau brand skin care X halal nggak, ya?"

Apakah kamu masih memiliki beberapa pertanyaan seputar kosmetik halal yang belum terjawab? Eits, belum terjawab atau kamu belum membaca, nih? Alih-alih langsung termakan dengan informasi tak legitimate yang hanya sekadar "katanya", lebih baik kamu langsung cek ke situs yang pasti saja, deh.

Sebagian besar pembahasan seputar kosmetik halal bisa kamu temukan pada situs MUI dan beberapa situs lainnya, lho. Termasuk hukum alkohol dalam kosmetik yang bisa kamu baca. Namun, walau situs MUI cukup lengkap, tak bisa dipungkiri kalau terdapat begitu banyak brand kosmetik yang menarik perhatian dan belum memiliki sertifikasi halal. Inilah kenapa kamu sebagai konsumen pun perlu lebih 'mandiri' dalam mempelajari kandungan yang ada pada pores and skin care.

No comments:

Post a Comment