Saturday, May 2, 2020

Hal Yang Harus Kalian Lakukan Setelah Masuk TKJ

Hal Hal Yang Harus Dilakukan Setelah Kalian Memilih Jurusan TKJ - Tidak terasa tahun 2020 akan memasuki tahun ajaran baru yang dimana para siswa siswa kelas 6 dan kelas 9 mencari sekolah baru, terutama kelas 9 yang sudah lulus akan bertemu dua cabang yaitu saat kalian lulus dari SMP yaitu Sekolah Menengah Pertama kalian memiliki 2 pilihan masuk SMA atau masuk SMK.

Dengan kalian memilih masuk kedalam SMK yaitu Sekolah Menengah Kejuruan dan kalian pun akan di bingungkan dengan banyak pilihan jurusan mulai dari Jurusan Teknologi (RPL, TKJ, Multimedia) atau Listrik atau mesin dll.

Jika kalian memilih masuk jurusan TKJ maka ada beberapa hal yang harus kalian lakukan, apa saja itu?

Sebelum itu apasih TKJ itu? TKJ ialah Teknik Komputer Jaringan, dan juga jurusan ini mungkin sudah sangat familiar di telinga anak anak jaman sekarang karena banyak diforum, grup dll ntah itu dari facebook ataupun dari whatsapp dan juga telegram banyak yang bertanya.

TKJ Belajar apa saja sih?

Lulus Dari TKJ itu kerjanya ngapain aja?

yap pertanyaan itu banyak ditanyakan diforum forum, sebenarnya untuk belajar pada jurusan TKJ atau mata pelajaran produktif jurusan TKJ itu meliputi jaringan komputer, seperti tcp/ip, layer osi, protocol ip dll.

Kita juga tentunya diajarkan melakukan troubleshooting pada sebuah komputer dan juga jaringan contoh kecilnya kita seperti disuruh melakukan troubleshooting pada jaringan lokal.

Dan kita juga di ajarkan server seperti windows server, ubuntu server, debian server dan masih banyak lagi yang akan di ajarkan di jurusan TKJ ini.

Terkadang kita juga diajarkan basic programming seperti c++, pascal, html5, css3, javascript basic tetapi mungkin tidak semua sekolah mengajarkannya.

kenapa? mungkin lebih difokuskan kedalam mata pelajar produktif tkj yaitu jaringan dan komputer.

Tak hanya tcp/ip, layer osi, protocol ip saja pada jaringan, jaringan itu luas kalian yang akan memasuki jurusan ini akan banyak belajar hal tentang jaringan

Baiklah kembali ke pembahasan, apa saja yang harus kita lakukan setelah masuk ke jurusan TKJ ini?

1. Mencari Guru, Pembimbing atau Mentor untuk mendampingi mu

Kenapa harus mencari guru atau mentor? Mentor itu bisa siapa saja contohnya guru, kaka kelas kalian, atau teman teman kalian yang lebih ahli dan paham akan jurusan ini.

Karena biar belajar mu lebih terarah dan kamu juga bisa di bimbing dalam belajar, jika kalian bingung atau ingin membuat sesuatu atau kalian mendapatkan ide dan ingin di implementasikannya kalian butuh seorang yang lebih ahli untuk membimbing kalian.

Untuk belajar otodidak itupun suatu keharusan, kenapa? karena kita tidak bisa mengandalkan satu sumber saja kita juga perlu sumber sumber lain agar kita mendapatkan lebih banyak ilmu juga wawasan.

Tidak bisa menemukan mentor atau pembimbing? maka siap siap saja kalian akan bingung harus melakukan dan harus memulai dari mana. Walaupun kita sudah belajar otodidak dan tidak memiliki mentor tetap saja saya sarankan memiliki seorang mentor atau seseorang yang dapat bertukar pendapat dan pikiran serta ide dengan dirimu.

2. Fokus, Ulet, Bersungguh-sungguh dan Percaya diri

Kalian harus memiliki rasa percaya diri dan rajin dan bersungguh-sungguh jika ingin mendalami jurusan ini, kenapa? karena jurusan ini memiliki jalan yang panjang dan bercabang. Karena setelah lulus dari jurusan ini kalian bisa berkecimpung dalam bidang teknologi dan bidang teknologi itu sendiri pun beragam macam nya.

Sedikit cerita ada seorang temen saya yang masuk kedalam jurusan TKJ dan dia tidak percaya diri karena takut tidak bisa mengikuti pelajaran, takut salah lah, takut susah, takut ini itu, kalau seperti itu terus kapan bisa majunya?

Maka untuk kalian yang masuk jurusan ini harus memiliki rasa percaya diri, bersungguh-sungguh serta rajin dan juga harus fokus.

3. Jadilah seorang seperti wadah yang kosong

Maksudnya?

yap jadilah orang seperti wadah yang kosong, maksudnya kita harus menjadi gelas yang kosong dimana kita harus terbuka untuk menerima saran, kritik, dan nasehat nasehat yang masuk ntah itu dari mentor kita guru kita atau siapapun, jangan lah menjadi merasa hebat atau keras kepala.

seperti yang dikatakan Do exploit pada postingannya di medium.com

Bayangkan kalian sedang mengisi gelas dengan air jernih sampai gelas itu penuh, mudah bukan? Namun jika gelas tersebut penuh dengan air, tentu saja kita tidak dapat mengisinya dengan air. Begitu pula dengan gelas yang separuh terisi, kalian hanya mendapatkan separuh air jernih. Credit: DoExploit

Jika analogi ini dilihat dari sudut pandang menuntut ilmu, maka kita harus memposisikan diri sebagai orang yang terbuka akan nasehat, ilmu dan sebagainya, tentu ini sangat menguntungkan diri kita untuk belajar hal baru. Bukan berarti kita akan mudah disetir, kita juga harus memiliki firewall untuk menyaring informasi yang didapatkan. Karena air yang diberikan tidak selalu jernih, kadang ada yang dari got juga.

Credit : DoExploit

4.Atur mindset atau cara Pola Pikir kalian

Kalian harus niatkan atau tanamkan pola pikir kalian jika ingin masuk kedalam jurusan TKJ ini.

maksudnya?

maksudnya itu adalah niatkan kalau kalian masuk kedalam jurusan tkj ini dengan sungguh-sungguh dan kalian akan belajar dengan fokus dan giat serta tidak menunda-nunda kegiatan.

Tidak sedikit orang masuk jurusan TKJ dengan alasan

"gua terpaksa masuk tkj"

"bingung masuk apa, jadi milih tkj aja enak"

"TKJ kan gampang katanya"

saya sendiri sekolah smk jurusan TKJ selama 3 tahun dan yang saya alami disini adalah tidak sesuai ekspetasi saya yang dulu saya juga mengira Tkj itu enak kayanya, pasti gampang tkj tapi setelah masuk, booommm!!!!

Tidak semudah yang saya kira dan orang lain kira, tetapi jika kalian belajar dengan sungguh-sungguh dan percaya diri serta rajin saya yakin kalian bisa mengikuti kurikulum yang sudah di tentukan oleh pihak sekolah.

tidak sedikit juga banyak murid yang meremehkan dan memiliki pola pikir yang penting lulus, kalian harus merubah pola pikir itu, kalian masuk jurusan TKJ di smk itu untuk melatih skill, upgrade skill, mempelajari hal baru sebelum masuk kedalam dunia kerja.

Jika kalian 3tahun masuk jurusan TKJ tanpa memiliki skill yang cukup kalian setelah lulus mau jadi apa? padahal jurusan tkj ini adalah jurusan yang saya bilang cukup bagus karena jurusan yang mengacu pada teknologi dan informasi.

Sekarang kita sudah berada di industri 4.0 dimana skill skill yang berkaitan dengan teknologi informasi ini sangat dibutuhkan.

Kalian bisa menonton video youtube walidumar dibawah ini yang dimana terdapat penjelasan sedikit tentang TKJ, RPL, MM.

Mungkin ini saja yang bisa saya sampaikan, semoga dapat bermanfaat. Jika ingin di tambahkan kalian bisa ketikan saja dikolom komentar ya gan/sis. Semangat juga untuk kalian calon siswa/i baru smk jurusan TKJ 😁

Dikoreksi juga jika artikel ini terdapat kesalahan, jika kalian menemukan kesalahan pada artikel ini dan atau artikel lainnya kalian bisa tulisan dikolom komentar atau kalian bisa email saya langsung.

Sekian Terimakasih

No comments:

Post a Comment