Sunday, May 3, 2020

Pengertian kosmetik halal

Kosmetik halal di Indonesia adalah kosmetik yang telah mendapatkan sertifikasi halal dari lembaga resmi seperti LP POM MUI. Untuk mendapatkan legitimasi halal, produk kosmetik halal harus memenuhi standar tertentu seperti dibuat dari bahan (bahan baku, bahan tambahan) yang halal, proses pembuatan (alat, mesin, tahapan produksi) yang tidak mengandung unsur haram (subhat). Kosmetik halal merupakan kosmetik yang terbuat dari bahan-bahan yang tak mengandung unsur haram. Bahan-bahan yang seringkali dicurigai mengandung unsur haram dalam produk kosmetik adalah elastin, ekstrak plasenta, hingga kolagen. Hal ini dikarenakan bahan-bahan tersebut bisa saja berasal dari bahan atau bagian hewan yang dikategorikan haram dalam agama Islam.

Tak hanya dari kandungannya, kehalalan produk kosmetik juga harus dilihat dari proses pembuatannya juga. Meski menggunakan bagian hewan yang dikategorikan halal, hewan tersebut harus dipastikan telah diproses dengan syariat Islam. Begitu juga dengan pengujian produknya. Jika dilakukan pada hewan, produk kosmetik dinyatakan halal jika pengujiannya tidak dilakukan dengan maksud menyakiti dan membunuh. Dalam Islam, segala bentuk penyiksaan terhadap hewan itu diharamkan. Dengan kandungan yang selektif, serta proses dan pengujian yang aman dan tidak menyengsarakan, kosmetik halal tentu memiliki manfaat yang baik untuk kulit dan tak membuat Anda merasa bersalah.

Kosmetik Halal bagi Muslim Sebaiknya setiap muslimah selalu menggunakan produk yang jelas halal, termasuk kosmetik kapanpun. Hal tersebut akan menjaga kesucian dirinya yang muaranya adalah kedekatan kepada sang pencipta dan doanya lebih mudah diijabah (dikabulkan). Gunakan jasa maklon kosmetik yang halal dari perusahaan maklon kosmetik.

Halal adalah standar mutu tertinggi Dalam Islam, halalanthoyibban merupakan manifestasi dan konsep tertinggi dalam standar mutu. Sebagai muslim yang taat, tentunya aware (sadar) dan faham untuk menggunakan produk yang halal lagi baik. Karena itu bagi produsen, penting bagi anda untuk memproduksi barang/jasa yang halal lagi baik, jika ingin produknya laku di konsumen.

Sebagai salah satu negara dengan penduduk Muslim terbesar di dunia, tentu kehalalan suatu produk adalah hal yang penting bagi sebagian masyarakat Indonesia. Bukan hanya produk makanan, minuman dan obat-obatan, produk kosmetik juga harus dipastikan kehalalannya.

CARA MENGETAHUI KEHALALAN PRODUK KOSMETIK Label inilah yang akan tertera di kemasan produk, jika sudah dinyatakan halal oleh MUI. Untuk mengetahui kosmetik favorit Anda halal atau tidak, coba lihat kemasannya. Biasanya, ada label 'halal' yang tertempel pada produk. Di Indonesia, kosmetik yang sudah dipastikan halal akan mendapat sertifikat dari lembaga tertentu. Dalam hal ini, lembaga yang memiliki kewenangan dalam sertifikasi halal adalah Majelis Ulama Indonesia (MUI) melalui Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-Obatan, dan Kosmetika MUI (LPPOMUI). Lembaga inilah yang bekerjasama dengan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) milik pemerintah. Anda juga bisa melihat daftar produk kosmetik yang sudah bersertifikat halal dengan mengunjungi internet site resmi LP POM MUI di www.E-lppommui.Org. Di Indonesia, Anda sudah bisa mendapatkan berbagai produk kosmetik yang menggunakan sertifikat halal. Contoh logo lokal yang sudah mendaftarkan dan mendapat sertifikat halal dari MUA di antaranya adalah Wardah, Mustika Ratu, Sariayu, Make Over, LOreal dan masih banyak yang lainnya.

No comments:

Post a Comment