Friday, May 1, 2020

Mengapa Laptop Atau PC Bisa Lemot Saat Di Gunakan?

Mengapa Dan Penyebab Laptop Dan Komputer Menjadi Lemot Saat Di Gunakan - Tidak sedikit orang yang mempunyai laptop dan yang mempunyai laptop tentunya pernah yang merasakan lemot. Tapi kenapa ko bisa ya laptop kita menjadi lemot seperti itu? apa saja sih penyebab laptop lemot itu?

Lemot pada komputer atau laptop itu bisa terjadi berbagai macam faktor tapi apa saja faktor itu yang bisa membuat laptop atau komputer kita menjadi lemot? Memang lemot pada sebuah perangkat baik itu smartphone, laptop, komputer memang menyebalkan apalagi dimana situasi kita yang terburu terburu ntah itu deadline skripsi, laporan pekerjaan dll.

Ini dia salah satu faktor laptop lemot saat digunakan, dibaca baik baik dibawah ini jika ada pertanyaan langsung tanyakan saja di kolom komentar.

Penyebab Lemotnya pada perangkat komputer ataupun laptop

1. Terlalu banyak aplikasi yang berjalan di background /  startup aplikasi

Biasanya ini penyakit yang sering dikeluhkan oleh pengguna sistem operasi windows, dimana saat ingin melakukan booting ke windows atau ingin baru menyalakan laptop terasa lemot saat masuk kedalam desktop.

Kenapa terasa lemot? mungkin bisa jadi ini dikarenakan oleh banyak aplikasi yang startup, maksudnya itu aplikasi yang otomatis start saat perangkat kalian dinyalakan, kalian bisa check di task manager untuk men-disable aplikasi startup yang dikategorikan high, medium, low.

2. Usia harddisk atau harddisk terdapat badsector

Harddisk itu memiliki usia, dimana kalian sering menggunakan maka usianya akan berkurang. Harddisk ialah sebuah penyimpanan atau storage untuk menyimpan data dan juga operating system kalian.

Harddisk bisa juga terkena badsector jika kalian sering tiba tiba mematikan paksa perangkat kalian atau kalian sering melakukan mode sleep pada laptop. Saya sarankan jika perangkat kalian baik itu laptop atau komputer yang masih menggunakan penyimpanan harddisk lebih baik jangan di paksa matikan terus menerus dan jangan di gunakan mode sleep karena itu bisa menyebabkan badsector atau menurun cepatnya usia harddisk itu.

Untuk mengecek kesehatan harddisk pun kita bisa menggunakan suatu software salah satunya yaitu hdd sentinel.

Di harddisk sentinel kita bisa mengetahui performance, health, dan estimasih umur si harddisk dll. Kalau harddisk sudah menurun performanace atau health nya dibawah 60% sebaiknya diwajibkan di ganti yang baru, dan sebaiknya ganti ke SSD saja.

3. RAM yang kecil

Ram kecil ko bisa menyebabkan lemot sih? Yups, ram yang kecil pada perangkat kita bisa menyebabkan laptop atau pc kita lemot. Biasanya akan terasa saat kita melakukan multitasking seperti buka tab browser banyak, membuka berbagai macam aplikasi atau yang biasanya disebut dengan multitasking .

Contohnya seperti dibawah sudah membuka google chrome lebih dari 10 tab + buka photoshop + android studio + visual studio yang di support hanya menggunakan ram 4GB? DDR3 speed 1066Mhz pula,, pastinya akan terasa sangat lemot.

Minimal ram 8GB harusnya sudah lumayan untuk melakukan multitasking sangat minimal 4GB tapi pasti nantinya akan suka not responsding sih di ram 4GB apalagi kalian membuka aplikasi banyak. Saya saja 8GB masih kurang masih suka lemot 😑. oke next...

4. Terdapat virus pada perangkat

Virus juga bisa menyebabkan lemot pada perangkat, pokoknya virus itu berbahaya.

Ko bisa perangkat saya terkena virus padahal kan pemakaian saya normal?

laptop kalian bisa terkena virus dikarenakan banyak faktor salah satunya, kalian melakukan installasi aplikasi yang tidak jelas atau menginstall aplikasi crack-an yang dimana kita tidak tahu apakah aplikasi crack-an itu terdapat virus?

Sering atau pernah membuka situs situs tidak jelas yang tiba tiba mendownload suatu aplikasi dll. Saran saya install ulang windows nya saja lagi.

5. Penyimpanan yang penuh

Belum melakukan install aplikasi dan belum menyimpan data apapun tapi harddisk penuh? bisa jadi itu terkena virus

Harddisk atau penyimpanan penuh seperti dibawah ini, bisa dapat menyebabkan perangkat kamu melambat. Saran saya kalian install ulang saja dan ganti storage nya menggunakan SSD.

Ya itu beberapa faktor yang dapat menyebabkan perangkat kalian terasa lemot  lalu bagaimana cara mengatasi perangkat lemot itu? kita bahas di artikel selanjutnya yaa...

Jika kalian ada yang ingin betanya silakan di kolom komentar atau yang ingin memberikan saran, kritik bisa kalian tanyakan juga di kolom komentar.

Sekian Terimakasih.

No comments:

Post a Comment