Monday, May 4, 2020

Cara Mengamankan Wifi Dengan Mudah

Tutorial untuk Mengamankan Wifi Agar Tidak Di Hack Atau Di Bobol Orang lain - Siapa sih yang tidak tau wifi? Salah satu teknologi yang banyak digunakan oleh orang. Wifi adalah teknologi jaringan nirkabel (tanpa kabel) yang memanfaatkan gelombang elektromagnetik untuk melakukan pertukaran data, wifi ini menggunakan teknologi Standarisasi IEEE 802.11 dikembangkan oleh Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE).

Beberapa dari kita mungkin ada yang pernah dengar dengan istilah WLAN, yaitu salah satu jaringan local area network yang menggunakan teknologi nirkabel atau wireless untuk menghubungkan perangkat satu dengan yang lain. Teknologi Wifi ini tentu sangat mudah dan sangat efektif tidak seperti kabel yang dimana kita harus repot-repot menghubungkan perangkat satu dengan perangkat lain menggunakan kabel.

Tetapi dibalik efektif sebuah teknologi wireless ini ternyata ada kekurangannya juga lho salah satunya seperti mudah terkena serangan oleh orang yang tidak bertanggung jawab (oknum). Apalagi jika kita terhubung dengan jaringan wifi publik contohnya seperti di cafe, statiun, rumah sakit dll yang dimana disana terdapat wifi publik yang siapapun dapat menggunakannnya secara free, tetapi dibalik itu semua pasti ada orang yang tidak bertanggung jawab menyadap jaringan wifi publik tersebut.

Di artikel ini saya akan membagikan beberapa cara untuk mengamankan jaringan wifi untuk dirumah, cafe, kantor, sekolah dll. Disimak yaa..

Cara Mengamankan Jaringan Wifi

1. Merubah akun login admin

Jika kita memasang wifi dan si teknisi sudah selesai menyeting router kita agar terhubung dengan internet, akun login admin wajib kita rubah dengan mengganti username dan passwordnya. Agar terhindar oleh oknum atau orang orang yang tidak bertanggung jawab.

2. Menggunakan password yang rumit

Jika kalian ingin mengganti akun admin pada router kalian, pastikan kalian menggunakan password yang rumit dan sulit seperti menggunakan huruf kapital dan menggunakan angka dalam password kalian.

3. Menggunakan Teknologi protokol enkripsi terbaru pada router kalian

Dalam Protokol enkripsi terdapat beberapa yang bisa digunakan yaitu salah satunya adalah WEP, WPA, WPA2. Saran saya gunakan lah protokol enkripsi terbaru yaitu WPA2 untuk router kalian.

4. Mematikan fitur WPS pada router kalian

Kita bisa dengan mudah menghubungkan wifi tanpa memasukan password dengan menggunakan fitur WPS lhoo..

Jadi jika kita membuat password yang begitu kuat tetapi fitur wps ini masih diaktifkan maka password yang kita buat akan sia sia. Ada beberapa software yang dimana software tersebut bisa membaca pin WPS juga, jadi pastikan fitur wps kalian sudah dimatikan.

5. Hide SSID Kalian

SSID atau Service Set Identifier yang dimana memiliki fungsi sebagai untuk mengindentifikasi jaringan wireless atau yang biasa disebut dengan Nama WIfi. Hide SSID? Ya memang cara ini terbilang ribet, kenapa? karena jika ada device baru yang ingin terhubung ke wifi kita atau ssid kita, jika harus melakukan manual connect pada device tersebut tetapi cara ini cukup aman ko.

6. Terakhir, gunakan fitur MAC Address filtering

Kenapa harus ini? karena dengan kita filter pengguna wifi menggunakan mac address itu akan jauh lebih mudah dibandingkan dengan filtering menggunakan wifi, karena mac adress itu tidak berubah berubah sedang kan ip address pasti berubah berubah.

Mac address filtering ini fungsinya ialah melakukan pemblokiran pada suatu device baik itu laptop, PC (komputer), smartphone, STB dan alat lainnya yang terhubung jaringan tentu alat alat itu memiliki Mac address yang berbeda beda dan tidak berubah ubah, jadi lebih memudahkan kita untuk melakukan pemblokiran jika ada mac address yang tidak kita kenal.

Mungkin ini dulu saja untuk artikel Mengamankan Wifi Dengan mudah, jika ada yang kurang atau ingin menambahkannya kalian bisa hubungi admin langsung disini atau kalian bisa tulis atau ketik saja dikolom komentar dibawah ini dan nanti admin akan langsung mengupdate artikel ini dengan menambahkan saran dari kalian.

Sekian Terimakasih.

No comments:

Post a Comment